بسم الله الرحمن الرحيم

Sabtu, 08 Juni 2013

Penyebab Komputer Lambat & Cara Mengatasinya!!!!!!!!!!!!!!!

Penyebab Komputer Lambat & Cara Mengatasinya!!!!!!!!!!!!!!!

Temporary Files
Sebuah komputer dengan sistem operasi Windows secara normal akan membutuhkan atau membuat file-file sementara untuk aplikasi yang dijalankan. Jika file-file temporary/sementara ini tidak dihapus maka akan membuat komputer menjadi agak lambat. Berikut ini ada beberapa file temporary yang bisa dibersihkan guna mempercepat kemampuan komputer:

Internet Cache
Web browsers seperti Internet Explorer, Opera, Firefox akan menyimpan semua informasi yang didapat ketika browsing. Biasanya file temporary ini tidak lagi dibutuhkan ketika anda selesai browsing, ada baiknya anda segera menghapusnya daripada membuat Komputer anda menjadi lambat. Cara menghapusnya buka browser yang sering anda gunakan pilih options dan hapus Semua temporary Internet cache (cookies, Download+Internet/URL history, saved form information dll.)

Recycle Bin
Jika anda mendelete/menghapus suatu file, Windows tidak serta merta akan menghapus secara permanen file tersebut, windows akan menyimpannya di Recycle Bin sampai anda mengosongkannya (Empty Recycle Bin) tujuannya agar anda bisa mengembalikan file yang dihapus atau tidak sengaja dihapus ke posisi semula. Windows akan menghapus secara permanen file yang telah didelete jika ketika anda menghapus dengan menggunakan kombinasi tombol Shift+Delete, maka file akan dihapus secara permanen. Untuk itu lakukan pengosongan Recycle Bin (Empty Recycle Bin) jika memang file yang dihapus tidak dibutuhkan kembali.

Windows Temporary Files
Windows dan beberapa aplikasi/program akan membuat berbagai macam file temporary untuk kebutuhan aplikasi itu sendiri saat dijalankan, kadang-kadang setelah aplikasi selesai digunakan aplikasi/program tersebut tidak menghapus Temporary Files tersebut. Hapuslah Temporary Files tersebut agar windows menjadi tidak lambat dan tidak membuat penuh isi hardisk. Cara menghapusnya buka Windows explorer, arahkan ke "C:\Documents and Settings\(nama user di PC)\Local Settings\Temp" Hapus semua isinya. Hapus juga semua file yang ada di direktori "C:\WINDOWS\Prefetch" (100% aman). :-)

Sering Update Windows
Download dan Updatelah windows anda agar komputer anda bisa lebih baik. Dengan meng-Update Windows anda akan mendapatkan banyak keuntungan, misalnya: System keamanan, Pembenahan Bugs (kesalahan programing) dan Error. Cara mengaupdatenya gampang, anda tinggal mengaktifkan automatic updat atau download manual ke situs Microsoft. :-)

Files dan Programs Yang Tidak Dipakai
File dan programs yang Tidak dipakai akan sangat mempengaruhi kecepatan komputer anda. Sisa kapasitas hardisk yang sedikit akan sangat mempengaruhi kinerja komputer anda, jika di Komputer anda ada file dan program yang tidak dibutuhkan baiknya anda segera menghapus/meng-Uninstall program tersebut.

Unnecessary Startup Programs
Startup Programs adalah program atau bagian dari program yang sudah terinstall yang dijalankan secara otomatis setiap kali windows dijalankan. Jika anda jarang menggunakan suatu program (misalkan Nokia PC Suite) tetapi di Startup Program tersebut dijalankan terus maka akan membuat komputer anda menjadi lambat karena sebagian memory dipakai untuk program yang tidak dijalankan. Cara mengatasinya klik start> Run> ketikan "msconfig" (tanpa tanda kutip), trus pilih tab startup, hilangkan tanda centang pada program yang dirasa tidak perlu dijalankan ketika Windows dijalankan.

Registry Yang Salah
Windows Registry berisi informasi yang dibutuhkan Windows dalam setiap operasi, seperti settingan untuk aplikasi-aplikasi, program-program yang di install dll. Jika banyak ditemukan data yang tidak valid pada registry maka kinerja Windows akan menjadi lambat. Untuk mengatasinya anda harus rajin mendefrag atau menjalankan registry cleaning.

Hardisk Yang Errors
Jika dalam hardisk terdapat banyak data yang korup, dan error karena sering mati mendadak, di reset, hang dll maka windows akan kesulitan mengakses data yang error tersebut dan menyebabkan lambat. Solusinya lakukan scandisk secara periodik.

Fragmentatsi
Fragmentatsi adalah kondisi dimana file dalam hardisk terbagi menjadi beberapa bagian, jika ini terjadi maka Windows aka memakan waktu untuk menyatukan dan baru kemudian menampilkan untuk anda. Solusinya lakukan defrag. klik kanan dan pilih properties pada salah satu drive, pilih tool dan jalankan defragmentation.

Silahkan dibuktikan sendiri ya! Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Sumber : ww.pulsamurah.50webs.com/tips_cara_mempercepat_akses_komputer.html

0 komentar:

Posting Komentar

munir shinobi © 2008 Template by:
SkinCorner